Memilih atap genteng berkualitas

Bahan Genteng Yang Bagus Untuk Rumah Agar Tidak Panas

Tahukah kamu pemilihan genteng untuk atap rumah menjadi faktor penting untuk menentukan agar rumah kalian terasa adem dan tidak gerah saat cuaca panas. Pemilihan atap genteng yang pas tidak hanya berpengaruh terhadap tampilan rumah tetapi juga menjadi faktor penentu kenyamanan didalam ruangan rumah. Tentu itu tidak menjadi faktor satu-satunya penentu karena banyak faktor yang mempengaruhi kondisi suhu ruangan didalam rumah. Nah kali ini kita akan membahas atap genteng dari tanah liat yang banyak digunakan orang dan diyakini dapat membuat suasana rumah menjadi adem. Lalu benarkah hal tersebut?

Saya telah melakukan riset dari berbagai sumber dan kemudian menyimpulkan bahwa atap genteng dari bahan tanah liat memang menjadi yang terbaik dari bahan atap lainnya. Hal ini dikarenakan genteng dari tanah liat mampu menyerap panas matahari hingga 90 persen. Selain meredam panas matahari, atap genteng dari tanah liat juga memiliki tekstur yang kuat dan bisa bertahan lama. Akan tetapi kita juga harus pintar memilih atap genteng tanah liat seperti apa yang terbaik untuk kita gunakan. Berikut adalah tips memilih atap genteng yang bagus agar rumah kita tidak panas.

Tips Memilih Atap Genteng Yang Bagus

1. Mineral Tanah Liat

Tanah liat memiliki kandungan mineral yang tinggi. Kandungan mineral didalamnya seperti kaolin dan illite memberikan efek isolasi termal yang baik serta kekuatan pada genteng setelah proses pembakaran terjadi. Tentu bahan bakar yang digunakan harus berkualitas misalkan kayu jati atau sejenisnya yang bisa membakar atap genteng dengan suhu yang tinggi.

2. Kadar Air Dalam Genteng

Saat proses pengolahan, kadar air dalam genteng sangat berpengaruh terhadap kualitas genteng itu sendiri. Dengan kadar air yang tepat menjadikan tanah liat yang menjadi bahan utama pembuatan genteng akan menjadi mudah dibentuk dan tidak mudah patah atau retak. Hal ini menjadi sangat penting karena kalau genteng kita retak maka saat terjadi hujan air akan merembes melalui sela-sela retakan genteng tersebut.

3. Tanah Liat Yang Bersih

Bahan tanah liat yang digunakan juga harus bersih dan terbebas dari kotoran seperti daun, ranting kayu, rumput dan lain sebagainya. Tanah yang bercampur kerikil atau pasir pasti akan membuat kualitas genteng yang buruk dan menjadikannya mudah retak.

4. Tekstur Genteng Yang Rata

Cetakan genteng yang bagus juga mempengaruhi kualitas genteng. Tekstur yang rata dan permukaan halus akan menjadikan aliran air dapat mengalir dengan lancar dan juga panas matahari dapat dipantulkan sehingga memaksimalkan penyerapan suhu panas matahari oleh genteng.

5. Warna Genteng

Kualitas genteng juga dapat dilihat dari segi warna. Warna alami genteng dengan tanah liat yang bagus dan juga pembakaran sempurna menghasilkan warna merah kecoklatan. Hal itu menandakan proses pembakaran dan juga proses oksidasi berjalan dengan baik yang berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan genteng.

 

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk kalian agar menjadi pertimbangan sebelum kalian memilih untuk membeli atap genteng untuk rumah kalian.

Dengan memperhatikan beberapa faktor diatas kalian dapat menentukan dan memilih genteng yang berkualitas untuk atap rumah agar rumah menjadi adem, estetik, dan juga dapat bertahan lama.

Kesimpulan

Selain pemilihan atap genteng, desain bangunan juga menjadi faktor penting untuk rumah menjadi adem dan tidak panas. Beberapa faktor lain yang bisa menjadi pertimbangan adalah memperhatikan arah angin. Usahakan rumah kalian memiliki ventilasi masuk dan keluar yang maksimal. Ventilasi masuk memungkinkan angin dari luar bisa masuk kedalam setiap ruangan kalian sementara udara panas dalam ruang juga harus dikeluarkan melalui ventilasi keluar. Sedikit tips ventilasi keluar adalah buat saluran ventilasinya lebih tinggi dan sedikit lebih rendah dari atap genteng. Hal itu karena udara panas biasanya berada di atas ruang dan itu yang harus kita keluarkan melalui ventilasi keluar. Semoga ini bisa membantu kalian agar rumah kalian menjadi lebih adem ya, Terimakasih.