Pintu lapuk akibat teter kayu
Pintu lapuk akibat teter kayu

Cara Agar Furniture Rumah Bebas Dari Totor Kayu

Pernahkah kamu memperhatikan meja, kursi, atau peralatan dirumahmu yang berbahan dasar kayu? Pernahkah kamu mendapatinya mengeluarkan butiran kayu yang tercecer dibawah furniture tersebut? Kalo kalian melihatnya itu tandanya rumah kalian dalam bahaya. Bahaya yang saya maksud adalah itu semua menandakan hama kayu atau biasa dipanggil teter kayu sudah menyerang perabot rumah kalian.

Setiap furniture atau peralatan rumah berbahan kayu biasanya cepat atau lambat pasti akan didatangi mahluk ini. Biasanya kumbang bubuk kayu atau teter kayu akan menggerogoti perabot rumah dengan bahan kayu terutama kayu yang lunak. Sedangkan perabot rumah dengan bahan dasar kayu keras seperti galih kayu jati atau yang sejenisnya akan aman dari hama hewan tersebut.

Apa itu Kumbang Kayu/Teter Kayu?

Hama teter kayu (Source: courtina.id)
Hama teter kayu (Source: courtina.id)

Kumbang kayu atau dalam bahasa inggris disebut “Powderpost Beetle” ini memiliki nama latin Lyctus brunneus. Hewan ini kerap didapati berada didalam lemari baju, meja, tangga rumah atau barang lain yang berbahan kayu. Teter kayu ini memiliki ukuran yang sangat  kecil, yakni berkisar antara 7-8mm.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi dia memiliki gigi dan taring yang sangat tajam sehingga mampu menggerogoti aneka macam jenis kayu dan membuat perabotan kita menjadi cepat keropos.

Siklus Hidup Kumbang Kayu

Dikutip dari antiserangga.com, kumbang kayu ini memiliki 5 fase kehidupan yang mana kumbang kayu ini memiliki fase kehidupan hingga lebih dari 3 tahun. Berikut adalah beberapa fase kehidupan kumbang kayu.

Fase Telur

Pada fase ini induk kumbang kayu akan meletakkan telur mereka kedalam sela-sela kayu agar telur mereka dapat menetas dengan baik.

Fase Larva

Pada fase ini telur yang telah menetas akan memulai kehidupan mereka. Larva kumbang ini akan memulai menggali kedalam kayu untuk memakan substrat material kayu tersebut. Proses inilah yang membuat perabotan kayu milik kita mengalami pelapukan hingga mudah rapuh atau patah. Proses larva ini tergolong sangat lama yakni berkisar hingga 3 tahun.

Fase Pupa

Di fase ini larva muda akan berubah menjadi pupa atau kumbang kecil. Biasanya proses ini berkisar antara 6 sampai 8 minggu.

Fase Kumbang muda

Pada fase ini kumbang muda akan berusaha keluar dari kayu untuk memulai kehidupan dan menemukan pasangannya.

Fase Kumbang Dewasa

Difase ini kumbang yang telah dewasa akan memulai proses perkawinan. Kumbang akan mencari betina untuk melakukan proses perkawinan dan setelah itu kumbang betina akan mencari kayu untuk menaruh telur-telur mereka kedalam sela kayu tersebut. Dan proses itu akan terus berulang.

Cara Membasmi Hama Teter Kayu

1. Air Cuka

Ternyata cuka yang sering kita gunakan di dapur punya manfaat lain, yaitu membasmi teter kayu. Kandungan asam pada cuka bisa memberikan efek tidak nyaman bagi serangga seperti teter kayu. Caranya pun mudah, cukup oleskan cuka ke area kayu yang terserang teter. Sifat asam dari cuka akan membuat teter enggan tinggal dan perlahan menghilang.

2. Larutan Air Garam

Garam dapur yang biasa kita gunakan untuk memasak ternyata bisa juga digunakan untuk membasmi teter. Caranya juga cukup mudah, buatlah larutan air bercampur garam, kemudian semprotkan pada perabot kayu yang terserang teter. Larutan ini akan menyebabkan iritasi pada tubuh teter dan membuatnya mati perlahan.

3. Air Cucian Beras

Setelah mencuci beras, jangan langsung buang air bekas cucian tersebut. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi masalah teter di perabot kayu. Cukup semprotkan air cucian beras ini pada area kayu yang terserang. Selain ramah lingkungan, cara ini juga sangat murah dan juga cukup efektif.

4. Daun Salam dan Daun Kemangi

Aroma kuat dari daun salam dan daun kemangi ternyata tidak disukai oleh teter kayu. Anda bisa meletakkan daun-daun ini di sekitar perabot kayu yang ingin Anda lindungi. Selain wangi ruangan Anda menjadi lebih segar, teter pun enggan mendekat.

Itulah dia beberapa cara menghindari atau membasmi hama teter kayu pada perabot rumah tangga kita. Membasmi hama seperti teter kayu memang butuh ketelatenan karena biasanya tempat berkembang biaknya cukup tersembunyi dan sulit dijangkau sehingga butuh kesabaran untuk mengusir hewan tersebut. Jika kalian memiliki cara yang lebih ampuh untuk membasmi hama totor kayu ini kalian bisa share di komen ya. Terimakasih

Kesimpulan

Membasmi hama teter kayu atau kumbang kayu ini menjadi keharusan bagi kita jika ingin perabot kita menjadi awet. Karena jika kita biarkan lama kelamaan perabot kita itu akan hancur dan lapuk. Tentu sangat berbahaya jika yang di gerogoti hewan ini adalah penyangga rumah, penyangga atap, tangga rumah, atau yang lainnya yang bila rusak bisa berakibat fatal untuk kita. Untuk itulah pentingnya membasmi hama ini dari rumah kita agar rumah kita bebas dari hal yang bisa merugikan kita.